Analisis Diksi Pada Puisi atau Lagu, Perbedaan Dulu Dengan Sekarang Terkait Nilai Gender!

Kesetaraan Gender

Penulis_@Ratu Eka Bkj


Ngomongin soal diksi secara linguistik mengandung image kesetaraan gender atau tidak, atau justru patriarki. 


Alhamdulillahirrobbil'alamin sekarang ada viral Single lagunya Happy Asmara berjudul "Kembang Wangi". Dimana dalam lagu tersebut, diksi "Kembang" diperuntukkan buat laki-laki kekasih-nya. 


Analisis psikologi linguistik-nya, sekarang pemilihan diksi sudah lebih kesetaraan gender. Alias, tidak patriarki atau deskriminasi. Dimana "Kembang/Bunga" juga dapat menyimbolkan seorang laki-laki. Sehingga, ada kesetaraan gender dalam memandang status perempuan dan laki-laki. Dimana perempuan bisa menjadi subjek, laki-laki pun dapat menjadi objek, dan begitupun sebaliknya. 


Tidak seperti zaman dahulu, yang sangat diskriminasi perempuan dan patriarki. Dimana diksi "Bunga/Kembang" selalu diidentikkan perempuan. Dulu, perempuan selalu dinilai secara objek. 


Saya jadi teringat zaman SMP beberapa tahun yang lalu, pernah bikin puisi cinta yang menyimbolkan cowok sebagai "Bunga". Banyak teman saya yang protes, bahkan mengira saya menyukai perempuan. Padahal, puisi tersebut saya peruntukkan buat cowok yang saya suka. 


Dari dulu, sebelum saya mengenal teori gender. Memang saya sudah berprinsip, untuk harus lebih superior dan mendominasi ketimbang laki-laki. Sehingga, cowok kekasih saya harus lebih junior ketimbang saya. Maka, saya menggunakan semiotik "Bunga" untuk kekasih tersebut. 


Sayangnya, zaman dulu masih banyak yang terkungkung dengan deskriminasi perempuan. Sehingga, banyak teman-temam saya yang gagal paham dengan puisi ciptaan saya. Mereka merasa diksi "Bunga" identik perempuan. Itulah wajah sosial zaman dulu yang sangat patriarki. Bahkan, diksi saja selalu memilihkan perempuan pada ruang objek. Namun, untuk sekarang Alhamdulillahirrobbil'alamin sudah lumayan lebih kesetaraan gender. Meskipun belum sempurna, belum 100% kesetaraan gender. Tapi, paling tidak ruang perempuan untuk superior dan sebagai subjek lebih terbuka ketimbang zaman dulu. 



DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO

Comments

Popular posts from this blog

APA BEDANYA "AMBYAR MUSIK" DENGAN "ORKES KOPLO"?

Diksi Sapaan Untuk Perempuan di Jawa!