KONTROVERSI PANGGILAN KANG, SEBENARNYA IDENTIK SUKU MANA?

Panggilan Mas


Penulis_@Ratu Eka Bkj



Dulu zaman Saya masih bocil dan besar di Trenggalek, banyak orang manggil pria itu "Kang". Tapi, semenjak Saya kuliah S1 keluar dari Trenggalek hingga di dunia Karir. Saya memperhatikan kulture panggilan untuk pria di Jawa Timur. 


Rata-rata di Jawa Timur jarang yang suka dipanggil "Kang". Hanya 3 daerah di Jawa Timur yang familiar dengan sebutan "Kang". Yakni di Trenggalek, Ponorogo, Banyuwangi. Selain itu, rata-rata di Jawa Timur terbiasa lebih suka dipanggil Mas dan Cak. 


Dulu awal-awal masih bocil, pas keluar kota manggil pria "Kang". Terus responnya mengerutkan dahi, semacam tidak suka, kalau kata anak Jakarta "Apaan sih lu, cringe banget manggil gitu". Semenjak saat itu Aku nggak pernah manggil cowok dengan panggilan "Kang", kecuali di lingkup saudara Aku di Trenggalek yang masih kebiasaan manggil "Kang". 


Bahkan, sekarang panggilan Cak dan Mas sudah identik dengan suku Jawa Timur. Orang Jawa Timur lebih nyaman dipanggil Mas dan Cak. Apalagi, sekarang trend-nya Trenggalek bagian kota pun sudah jarang yang panggil Kang. Rata-rata panggilan Kang masih ada di Trenggalek bagian pedesaan. Terlebih, Bupati Trenggalek saat ini pun memanggil dirinya dengan panggilan Cak Ipin kadang Gus Ipin. 


Selain itu, Saya perhatikan di Banyuwangi yang dulu terbiasa dipanggil Kang sekarang juga berubah lebih suka dipanggil Mas. Mungkin tinggal segelintir orang yang sudah agak sepuh yang masih dipanggil Kang. Begitupun, trend di Ponorogo yang juga sudah lebih banyak panggilan Mas ketimbang Kang. 


Selanjutnya ke arah Jawa Tengah, disana sudah tidak kaget jika lebih familiar dengan panggilan Mas. 


Kemudian, kita lari ke Jakarta. Kalau di Jakarta trend-nya orang yang dipanggil Kang identik dengan suku Sunda. Sedangkan, suku Jawa baik Jawa Timur maupun Jawa Tengah biasanya dipanggil Mas dan Cak. Jika untuk suku Betawi dan Batak biasanya dipanggil Bang.


KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO

Comments

Popular posts from this blog

KECANTIKAN & AURAT ITU UNTUK DIRI SENDIRI, BUKAN BUAT SUAMI!

JANGAN PAKE KATA "KULO" DALAM BAHASA KRAMA, NIH LIHAT SEJARAH LINGUISTIK JAWA-NYA!