SAMA JAWA TAPI BEDA WATAK, BEDA SUKU TAPI MIRIP SIFAT!

Perbedaan Budaya

Oleh_@Ratu Eka Bkj



Karakter watak orang Jawa Timur dan Jakarta/Betawi itu mirip blak-blakan/nyablak/ekstrovert, sedangkan Jawa Tengah karakter watak-nya itu malah mirip Sunda/Jawa Barat. 


Saya ingat banget pertama kali ke Jakarta tahun 2018 pas ada acara organisasi dan mau kerjasama meeting bisnis, aku langsung kerasan di Jakarta berasa nggak pengen balik, berasa sama dengan di Jawa Timur. Selain watak karakter-nya yang hampir mirip dengan Jawa Timur, di Jakarta makanannya juga cita rasa Jawa Timur alias banyak pedas asin. 


Sedangkan, saya dulu zaman kuliah tahun 2014/2015 an pernah ke Jawa Tengah tepatnya Semarang dan Solo pas ada acara organisasi nggak kerasan pengen keburu balik ke Jawa Timur. Karena, orang-orang cara ngomong terlalu pelan atau introvert terutama ceweknya passif, cowoknya doang yang aktif, jadi berasa ada ketimbangan gender dalam ruang publik dan makanannya dominan manis. 


Sama seperti halnya pernah ke Sunda/Jawa Barat tepatnya Bogor tahun 2018 dulu waktu kursus bahasa Inggris, nggak kerasan sering sakit dan pengen buru-buru pulang. Citarasa makanannya juga dominan manis seperti di Jawa Tengah dan orang-orang nya kalau ngomong pelan gitu dan introvert. 

Itu sekedar pengalaman subjektif aku sih, kalau kamu gimana guys sama kagak? 



DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO



Comments

Popular posts from this blog

APA BEDANYA "AMBYAR MUSIK" DENGAN "ORKES KOPLO"?

Diksi Sapaan Untuk Perempuan di Jawa!