ALLOH MENUNJUKKAN KUASA DAN KEBAIKAN-NYA TANPA HUKUM KAUSALITAS, JIKA KITA BERGANTUNG DAN BERIMAN KUAT HANYA PADA ALLOH



Karya_@Ratu Eka Bkj



Sungguh saya menyaksikan kembali kuasa Alloh yang memang dahsyat, dalam membolak-balikan hati manusia tanpa kausalitas. 


Ada sebuah cerita teman ibu-ibu seorang salafi, yang pada tahun 2021 balas story saya tidak pakek krudung dengan menghina-hina. Tapi, nggak saya bales. Karena, prinsip Islam kontemporer adalah menyebarkan kedamaian karena Alloh itu Rahman Rahim. 


Mengagetkan-nya tiba-tiba beliau tahun ini chat saya dengan memuji-muji, tanpa saya tahu sebabnya. Padahal, kita sudah berapa tahun tidak komunikasi. Dan, yang tambah mengagetkan lagi adalah tiba-tiba beliau minta rekomendasi judul lagu campursari kontemporer & dangdut koplo / ambyar. Waw, sungguh kaget. Ibu nya yang biasanya itu kanan banget salafi banget mendekati fundamental, tiba-tiba nya pengen denger dangdut. Padahal dulu dengar musik aja menurut aliran dia haram. 

Tapi, saya nggak nanya kenapa beliau berubah. Karena, saya orangnya sangat menghargai hak personal orang sehingga tidak mau kepo-kepo. 


Kalau dipahami secara logika mungkin kesannya tidak masuk akal. Karena, saya juga tidak melakukan seperti perintah fiqih misalnya jika dibenci orang justru harus kita baik-baikin. Enggak juga. Saya tetap bersikap cuek pol kayak watak saya aja. Nggak ada rasa marah, nggak ada rasa dendam, dan juga nggak mau caper dengan baik-baikin. Tapi, yak biasa aja. 


Karena, saya sadar seperti konsep Tasawuf bahwa dunia seisinya itu fana. Tidak ada yang abadi, sehingga semua sangat fleksibel dan akan tiba-tiba berubah jika Alloh berkehendak. Karena, yang Maha Abadi dan Maha Membalikkan hati itu hanya Alloh. Bahkan, saya kalau berbuat baik itu rendem aja. Justru, cari yang nggak kenal kiranya supaya lebih ikhlas dan tidak akan ada rasa berharap pada manusia. Hanya bergantung kepada Alloh. 


Paling jelasnya, saya memahami ini dalam konsep Tasawuf. Kejadian ini menunjukkan bahwa KUASA ALLOH itu nyata bahwa Alloh bisa membuat orang yang benci jadi memuji, dan begitupun sebaliknya. Alloh membolak-balikan hati manusia, dan membolak-balikan dunia ini. Oleh sebab itu, Tauhid itu paling utama. Hanya bergantung kepada Alloh dan tidak terpaut dengan kebaikan atau keburukan manusia. Maka, Alloh lah yang akan menggerakkan semuanya dengan kuasa Nya. Alloh yang akan menolong secara langsung. 


Meskipun saya Islam kontemporer tapi emang teman-teman saya itu rendem banget gitu, nggak cuman orang yang berpikir logis aja jadi teman. Baik teman yang berideologi tengah, kiri, kanan, kanan kiri termasuk yang kontemporer, moderat, liberal, salafi, fundamental, klasik, abangan, dan semacamnya semua ada daftar teman saya baik perempuan maupun pria. Jadi, nggak kaget kalau saya punya teman salafi juga. 

Termasuk selera life style saya juga rendem banget. Suka ke Masjid dan amalan Islam baik wajib maupun sunnah, suka diskusi / organisasi / komunitas / literasi / media / bisnis / digital / politik, tapi juga suka seni musik / konser / ambyar / campursari kontemporer/ dangdut koplo/ sastra / puisi / healing dan hangout bareng temen. 


Intinya, dunia seisinya itu semua fana dan fatamorgana. Jadi, jika kita hanya bergantung pada Alloh maka Alloh yang akan tolong kita langsung dan yang akan menunjukkan kuasa-Nya tanpa hukum kausalitas. 

Selama itu seimbang antara akhirat dan dunia, tidak melakukan dosa besar, tidak merugikan orang lama, dan yang terpenting paling utama adalah Tauhid yang kuat hanya kepada Alloh. Maka, Alloh akan selalu memelihara hamba-Nya. 



DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO

Comments

Popular posts from this blog

APA BEDANYA "AMBYAR MUSIK" DENGAN "ORKES KOPLO"?

Diksi Sapaan Untuk Perempuan di Jawa!